Search

Telnet

Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.

Sebelum menggunakan Telnet terlebih dahulu kita cek dahulu apakah sudah aktif apa belum service telnet tersebut. Jika belum Start Anda perlu Start dengan cara sbb :
- Klik Start
- Pilih Control Panel
- Pilih Administrative Tool
- Klik Service
- Cari Telnet dan start

Jika perintah telnet sudah start Anda sudah bisa memanfaatkannya untuk membuka alamat dikomputer lain dalam jaringan LAN maupun WAN. Caranya adalah dengan menuliskan telnet dari command prompt. Misalnya, Anda akan membuka komputer yang alamatnya 192.168.0.1, maka dari command prompt ketikkan: telnet 192.168.0.1 lalu Enter. Setelah menuliskan perintah tersebut akan tampil pernyataan You area abount to send your password information to a remote computer in Internet zone. This might not be safe. Do you want to send anyway: Maka Anda jawab N dan anda diminta untuk Login, masukkan login Anda, misalnya tutang lalu Enter. Setelah itu Anda diminta untuk memasukkan password, misalnya admin001 diikuti dengan menekan Enter. Di komputer ini Anda bisa melakukan berbagai aktifitas seperti biasanya. Untuk mengakhiri telnet dan kembali ke jendela desktop Anda ketikkan Exit.