Search

Tutorial Membuat Web Gratis

Saat ini, website atau blog sedang menjadi tren di masyarakat. Bisa kita lihat bahwa jumlah blog dan website di Indonesia semakin menjamur. Didukung dengan banyaknya layanan hosting gratis dengan berbagai macam fitur yang menjanjikan kemudahan bagi anda. Apalagi dengan adanya affiliate program dari berbagai website semacam AdSense dari Google. Website tidak hanya bisa kita gunakan untuk keperluan pribadi, namun juga bisa digunakan untuk berbisnis.
Namun, seringkali anda merasa bingung dengan alamat web/ blog anda sendiri. Kenapa? karena biasanya alamat web/ blog anda berada dalam subdomain web tersebut. Misalkan saja bangbambang.wordpress.com. Kalau anda menggunakan domain sendiri, tentu saja kendala utama adalah biaya. Meski bisa saja biaya itu ditekan dengan menggunakan layanan domain gratis. Untuk itu, di halaman ini akan saya berikan sedikit tutorial mengenai langkah-langkah memiliki website dan domain secara gratis.
1. Mendaftarkan Domain Gratis

Saat anda mendaftar di 000webhost, salah satu fasilitas yang anda dapatkan adalah menambahkan domain yang anda miliki ke 000webhost. Sekarang yang perlua anda lakukan adalah mendaftarkan diri ke penyedia domain gratis di Internet.Salah satu yang paling terkenal adalah co.cc. Layanan ini mudah untuk digunakan dan menyediakan dukungan bahasa Indonesia (meski belum semuanya). Untuk mendaftarkan diri ke co.cc anda harus mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka halaman utama disini.
2. Masukkan nama domain yang anda inginkan lalu klik “periksa ketersediaan”
3. Tunggu sampai muncul halaman berisi “nama domain anda” tersedia. Perhatikan baris dibawahnya yang berwarna biru.jika terlutis “Gratis” dan “Kendali DNS dan manajemen domain penuh” maka anda dapat melanjutkan dengan mengklik “Lanjutkan ke pendaftaran”
4. Isi formulir pendaftaran. Isian dengan tanda centang wajib diisi. Gulung ke bawah dan centangi “Saya menerima Persyaratan dan Layanan”. Lanjutkan dengan klik “buat account baru sekarang”.

Free Domain

2. Mendaftar Ke Web Hosting

Setelah membandingkan beberapa layanan web hosting yang ada, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan layanan hosting dari 000webhost untuk tutorial ini. Beberapa fitur unggulan yang membuat saya tertarik adalah:

* Space disk 250 MB
* Bandwith 100 GB!
* Domain host tak terbatas
* Kontrol panel cPanel (lihat demo)
* Akses ke POP3 Mail dan Layanan Webmail
* PHP, MySQL, Perl, CGI, Ruby
* Site designer dengan 500++ template siap pakai
* Fantastico Autoinstaller untuk instalasi WordPress, Joomla, b2volution, dll.
* Tanpa iklan di halaman web anda.

Free Web Hosting with Website Builder

Setelah anda membuka halaman utama 000webhost disini, daftarkan diri anda dengan cara:

1. Klik sign up.
2. Isikan data yang diminta. Bagian paling penting adalah”I want to host my own domain“. Isikan nama domain yang anda dapatkan dari co.cc.
3. Setelah anda menyelesaikan pengisian form dan mengklik “Create my account“. Akan ada pemberitahuan mengenai e-mail konfirmasi. Buka e-mail anda dan klik link yang tertulis di dalamnya.
4. Isi form dan klik “Setup My Account“.
5. Masuk ke cPanel dan klik “Account Details Overview“.
6. Catat nameserver seperti yang tampil di bawah ini.
ns01.000webhost.com 66.197.153.229
ns02.000webhost.com 66.197.153.230

Setelah semua langkah tersebut anda lakukan, kini tinggal mengatur DNS domain anda.
3. Mengatur Setting Domain Gratis

Langkah ini perlu dilakukan agar alamat anda valid. Caranya:

1. Login ke co.cc
2. Tuju ke “Manage domains“
3. Klik “1. Manage DNS“
4. Isikan nameserver atau IP address (salah satu saja) ke kotak yang tersedia.
5. Simpan perubahan dengan klik “Setup“
6. Proses penyesuaian nameserver akan memakan waktu maksimal 2 hari. Jadi silakan logout dan tunggu.

Setelah anda melakukan semua itu, maka web pribadi anda sudah siap dan dilengkapi dengan domain yang keseluruhan proses tidak memakan biaya alias gratis. Namun perlu diingat bahwa ketidakaktifan akun anda dalam 14 hari akan menyebabkannya dihapus. Selamat berkreasi.